Tutorial Smudge Painting Manual dengan Photoshop - Kang Takyun
News Update
Loading...

Sunday, November 22, 2015

Tutorial Smudge Painting Manual dengan Photoshop

Tutorial Smudge Painting Manual dengan Photoshop - Smudge Painting adalah salah satu istilah dari sekian banyak digital art, yang mana kita akan melakukan eksplorasi editing pada sebuah gambar atau objek dengan menggunakan salah satu tools yang ada pada Software Adobe Photoshop, yaitu dengan menggunakan tools Smudge (r)

Tutorial Smudge Painting Manual dengan PhotoshopUntuk melakukan Smudge Painting diusahakan photo yang digunakan resolusi tinggi (High Resolution). Teknik Smudge Painting bisa dikatakan "Gampang-gampang-susah", Asalkan kalian telaten dan sabar kalian akan membuat suatu karya Smudge Painting yang sangat kaya dengan seni.

Tutorial Smudge Painting Manual dengan Photoshop - Teknik Smudge Painting ini di buat oleh Mr. Agik Manik Laga salah satu rekan blog Kang Eza. Mungkin kalian akan memahami Teknik Smudge Painting ini jika kalian gagal dan mencoba lagi? Untuk melakukan Teknik Smudge ini, kalian memerlukan suatu plug-in yang bernama Smudge Photoshop 1st by Frostbo dan Grunge Brushes by Talei, silahkan download dan masukan Brush tersebut di photoshop kalian dan ikutin step by step Tutorial Smudge Painting Manual dengan Photoshop dibawah ini.


1. Siapkan photo kalian yang High Resolution, Oke! kalo saya memakai model Mr. Agik Manik Laga

2. Jika photo kalian merasa kurang cerah ataupun terlalu cerah, kalian bisa gunakan Creat New File/Levels (Ctrl + L). Masalah point nya tergantung kualitas photo kalian, dan  jangan lupa untuk menggunakan Brightness/Contranst


3. Dan silahkan duplicate Layer photo tersebut dengan cara menekan tombol keyboard Ctrl + J, jika sudah masuk kalian tinggal masuk ke "Filter - Sharpen - Sharpen"

Lalu, jangan lupa untuk menambahkan "Filter - Artistic - Paintdubs". Jika saya menambahkan point Paintdubs sebanyak Brush Size 1, Sharpeness 7 dan Brush type 7.

4. Oke, kalian sudah sampai setengah step. Lalu lanjutkan ke pokok utama.. Gunakan Smudge Tools atau bisa menekan tombol keyboard R, untuk mengubah jenis Brush dengan cara Klik Kanan, disini saya menggunakan Brush yang saya katakan tadi yang di download "Grungge Brush by Stalei Stock", dengan Strengs 25%. Nah! disini trik menggunakan Smudge Painting, yang saya maksud "Gampang-Gampang-Susah", triknya adalah dari Smudge Tools besar kecilnya ukuran Smudge Tools yang kalian gunakan. Untuk menggunakan bagian mata, alis, rambut dan kuping kalian harus menggubah jenis brush kalian dengan kecil dan juga usahakan kalian mengikuti alur-nya.
Lihat perbedaan yang sebelum digosok dan sesudah digosok, Tampak terlihatkan seperti Lukisan? 

5. Setelah kalian gosok Semua permukaan objek-nya, kalian tinggal Burn photo tersebut.. supaya menunjukan kesan gelap pada setiap lekukan. Seperti baju, dagu, hidung dan arsiran lainnya. dengan Eksposure 10%. Dan jika kalian mahir dalam menggunakan Photoshop kalian pasti mengatur dengan menggunakan tools Dodge (Namun tidak juga tidak apa-apa)


6. Oke kita ketahap akhir, Untuk membuat gambar ini terlihat seperti lukisan, Gunakan Kembali Sharpen sebanyak 2x dan Smart Sharpens (Filter - Sharpen - Smart Sharpen). Tapi jika warna cahaya kalian kurang perfect silahkan kalian bisa mengatur Color Balance (Ctrl+B) atau dengan Curves (Ctrl + M) dan juga warna kecerahan kalian.


7. Jika kalian sudah mengikuti step bagian ke-6, Kalian mulai lagi menggosok seperti semua dengan Tools Smudge (r). dengan Strengs 20%.

8. Hapus latar belakang/background, kalian bisa menggunakan cara Peentool, Masking atau Polygonal Lassotool. tergantung kalian jago dalam Cropping Photo. Jika sudah berhasil menghapus latar belakang/background photo. Buatlah latar belakang (New Layer) dan gunakan brush yang tadi kalian download "Smudge 1st by Frostbo".

9. Oke, tahap akhir yaitu mengatur Tekstur background dan objek yang kalian edit.. dengan men-curves (CTRL + M).

Hasil akhir, gambaran Tutorial Smudge Painting Manual dengan Photoshop, kalian bisa menggunakan imajinasi kalian sesuka mungkin.. Jika kalian kebingungan, kalian bisa "leave comment" di blog ini dan semoga kang-eza bisa membantu sedikit tips & trick. Pintar bersama Kang Eza!

Sumber Photoshopku.net

Comments


EmoticonEmoticon

Notification
Semua artikel blog ini, dilindungi hak cipta.
Done